Main Article Content

Wayan Ardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian konsumen Sepatu Converse di Kota Denpasar, Bali.


Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.


Hasil penelitian ini brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 52,8%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,635 > 1,989). Brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 37,1%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (6,993 > 1,989). Brand image dan brand trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 8,255 + 0,509X1 + 0,286X2. Kontribusi pengaruh sebesar 58,6%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (58,110 > 2,710).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial least square (PLS). Yogyakarta: Andi.
Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi”. Yogyakarta: BPFE.
April, 2017, from https://qz.com/129238/how- converse-went-from-bankruptcy-to-a-1-4- billion-business/
Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83-90.
Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.
Auliyani, C.N. (2013, Oktober). Globalisasi? it’s okay. Kompasiana.
Bachtiar, E.A. (2013). Pengaruh brand image terhadap minat membeli motor Honda di Makassar (Skripsi). Makassar: Universitas Hasanuddin.
Bastian, D.A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia (Jurnal). Surabaya: Universitas Kristen Petra. Best sneaker brands. (2017). The Top Tens.
Delgado-Ballester, E., Munuera-Alemán, J.L., Yagüe-Guillén, M.J. (2003). Development and validation of a brand trust scale. International Journal of Market Research, Vol. 45, No. 1, pp. 35-53.
Engel, J. F., Blackwell G., & Miniard P.W. (1994). Perilaku konsumen (Jilid 1). Jakarta: Binarupa Aksara.
Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek & psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Griffin R.W., & Ronald, J.E. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja
Haudi, H. W., & Cahyono, Y. (2020). Effect Of Product Innovation and Marketing Strategy on Consumer Purchase Decisions In Indonesia's Lightweight Roof Steel Industry. Journal of Critical Reviews, 7(13), 4147-4155.
Haudi, H. W., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of Most Influential Factors to Attract Foreign Direct Investment. Journal of Critical Reviews, 7(13), 4128-4135.
Henry Simamora (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN Bandung.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung.
Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).
Kapferer, J.N. 2008. The new strategic brand management: creating and sustaining brand equity long term (4th ed.). London and Philadelphia: Kogan Page.
Keller dan Amstrong (2017) “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online”. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro
Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaran”. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.
Kotler (2016) “Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.
Kustini & Ika, L. (2011). Experiential marketing, emotional branding, and brand trust and their effect on loyalty on Honda motorcycle product. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, Vol. 14.
Lorenzetti, L. (2013, September). How Converse went from bankruptcy to a $1.4 billion business. Quartz Media LLC. Retrieved 4
Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, Prabu Anwar. (2016). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan ke tujuh, PT Refika Aditama: Bandung.
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.
Monika, L. (2012). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk Coconut Island (Skripsi). Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Musay, F.P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survey pada konsumen KFC Kawi Malang) (Jurnal). Malang: Universitas Brawijaya.
Nitisemito, Alek.S, (2010), Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Rangkuti, F. (2002). The power of brands: teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis”, The Asian.
Ratri, L.E. (2007). Hubungan antara citra merek (brand image) operator seluler dengan loyalitas merek (brand loyalty) pada mahasiswa pengguna telepon seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.
Rivai Veithzal (2015) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
Rizan, M. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty Teh Botol Sosro (Jurnal). Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta.
Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariat”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schiffman, L.G., & Kanuk L.L. (2004). Consumer behavior (8th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Sedarmayanti (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Karyawan Negeri Sipil, Cetakan Kelima, Bandung: PT Refika Aditama.
Setyaji, W.B. (2008). Analisis pengaruh citra merek, perceived quality, dan iklan terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk di Kota Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.
Siagian, S (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Sinamo, J. (2011). Delapan Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut
Simamora, B. (2001). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel (Edisi pertama). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sudjana (2014) “Metode Statistika”, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D”. Bandung: Alfabeta.
Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.
Sutrisno, S., & Sunarsi, D. (2019). The Effect of Work Motivation and Discipline on Employee Productivity at PT. Anugerah Agung in Jakarta. Jurnal Ad'ministrare, 6(2), 187-196.
Tambunan, K. (2012). Analisis pengaruh citra merek, persepsi kualitas, dan harga terhadap keputusan pembelian Bandeng Presto (studi kasus pada konsumen di Bandeng Presto Semarang) (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.
Tandywijaya, I. (2015). Pengaruh brand image terhadap purchase intention melalui perceived value produk smartphone Samsung di Surabaya (Skripsi). Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.
Wijoyo, H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Warga Binaan Sosial Di UPT. Bina Laras Dinas Sosial Provinsi Riau. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 10(2), 2226-2233.
Wijoyo, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indomitra Mandiri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 157-162.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.