Main Article Content

Ami Natuzzuhriyyah
Rini Mayasari

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Desa Sukamerta ini dengan mencoba membuat sebuah rancangan sistem administrasi kependudukan guna menunjang aktivitas kegiatan istansi pemerintahan dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Untuk metode pengembangan software yang akan dilakukan mengguankan metode Systems Development Life Cycle (SDLC). Dengan pembuatan sistem administrasi kependudukan ini diharapkan dapat mempermdah dan efisiensi waktu untuk staff untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan pada warga Desa Sukamerta serta mempermudah melakukan laporan untuk pendataan penduduk. Selama staff desa Sukamerta melakukan pelayanan administrasi kependudukan yang beberapa masih dilakukan secara konvensional dimana staff harus mencatat data pemohon pada pembuatan surat pengantar  Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP). Oleh karena itu, dibutuhkan sistem administrasi kependudukan yang memudahkan dan mempercepat kinerja staff desa. Rancang bangun sistem yang akan dibuat menggunakan tools netbeans 8.2 dengan menggunakan metodelogi SDLC dengan pemodelan atau desain dari UML yaitu menggunakan usecase diagram, activity diagram dan sequence diagram. Hasil yang didapatkan berupa sistem administrasi kependudukan berbasis desktop yang akan membantu pembuatan surat-surat yang dibutuhkan warga serta pendataan penduduk untuk mempermudah staff dalam membuat laporan akhir kependudukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Dharmawan, W. S., Purwaningtias, D., & Risdiansyah, D. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 5(2), 159-167.

Jannah, R., Masykur, F., & Buntoro, G. A. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DATA KEPENDUDUKAN DESA BERBASIS DESKTOP DAN ANDROID. JURNAL ILMIAH MAHASISWA JURNAL ILMIAH MAHASISWA JURNAL ILMIAH MAHASISWA, 3(1), 68-74.

Kurniawan, R. C. (10(3)). INOVASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH. Fiat Justisia Journal of Law, 569-586.

Ina. (2020). Panduan Desa Sukamerta. Karawang.

Septiani, W. D. (2018). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PENDUDUK (STUDI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PENDUDUK (STUDI . JURNAL ILMU PENGETAHUAN JURNAL ILMU PENGETAHUAN, 23-28.

(2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependu Kependudukan:. Jakarta: https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2006_23.pdf.

Widya, M. A., Agustiawan, Y., Fibrian, I. D., & Muttaqin, Z. (2016). Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Teknologi Informasi: Rancang Bangun Sistem Informasi di Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 51-59.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).